Kesalahan Dalam Berolahraga yang Sering Tidak Disadari

Salah satu tujuan dari orang orang melakukan aktivitas olahraga adalah sebagai program dan aktivitias diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal serta menjaga kebugaran. Tetapi tahukah Anda banyak kesalahan dalam berolahraga yang dilakukan selama ini tanpa disadariĀ  oleh kebanyakan orang yang rajin berolahraga sekalipun.

Kesalahan Dalam Berolahraga yang Sering Tidak Disadari

Orang dengan kelebihan berat badan seringkali merasakan tubuhnya tidak sekuat dengan orang yang memiliki berat badan ideal ketika harus melakukan aktivitas yang lebih berat. Untuk menurunkan berat tubuh, umumnya orang orang akan mengurangi porsi makan secara ketat bukan hanya bertujuan untuk menguruskan badan. Namun juga agar badan menjadi lebih ringan, bugar, dan menghindari penyakit berbahaya akibat kegemukan.

Tapi tidak cukup dengan diet makanan saja, hal tersebut harus diimbangi dengan berolahraga secara teratur untuk memudahkan pembakaran lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Kegiatan olahraga ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan, ada aturan untuk olahraga yang benar sehingga diet yang dilakukan akan berhasil. Berikut beberapa kesalahan dalam berolahraga yang sering tidak disadari oleh kebanyakan orang.

  1. Terlalu Banyak Melakukan Olahraga Jenis Kardio

Olahraga ini bertujuan untuk meningkatkan detak jantung sehingga aliran darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar dan otot otot jantung tetap sehat. Tetapi terlalu banyak melakukan olahraga kardio ini malah dapat menambah lemak di perut karena dengan intensitas yang belebihan membuat tubuh memproduksi hormon kortisol lebih banyak.

Dampak dari meningkatnya hormon anabolik ini dapat membuat nafsu makan Anda menjadi meningkat sehingga olahraga yang dilakukan tidak efektif. Jangan terlalu intens dalam melakukan olahraga kardio seperti berlari, berenang, dan bersepeda, coba variasikan dengan olahraga angkat beban dan fokus kepada otot perut yang selalu menjadi langganan tempat lemak menumpuk.

  1. Olahraga Angkat Beban Hanya Untuk Membentuk Otot

Ini merupakan pandangan yang salah, olahraga angkat beban dengan beban yang sesuai maka dapat mengencangkan kulit dan otot Anda dalam waktu yang ditentukan. Selain itu dengan mengangkat beban dapat membakar lemak pada area area tertentu yang tidak bisa dilakukan dengan olahraga kardio. Tubuh Anda akan terlihat lebih berbentuk dan otot akan lebih kencang / tidak kendur.

  1. Tidak Melakukan Pemanasan / Peregangan Sebelum Berolahraga

Kegiatan ini memang tidak akan berdampak apapun terhadap penurunan berat badan, namun tidak melakukannya dapat berdampak pada kegiatan olahraga selanjutnya. Otot dan anggota tubuh yang kaku langsung dipaksa untuk berolahraga berat dapat mengakibatkan cedera karena kaget dan tidak siap menerima beban.

  1. Tidak Melakukan Pola Hidup Sehat

Meski sudah melakukan diet dan olahraga secara teratur tetapi pola hidup Anda masih sama seperti sebelumnya maka sia sialah yang Anda lakukan selama ini. Masalah yang sering timbul adalah tidak menghilangkan kebiasaan seperti makan di malam hari, makan camilan, merokok, dan minum alkohol berlebihan.

  1. Tidak Menjaga Pola Makan yang Sehat

Jika selama ini Anda berolahraga lalu makan makanan berjenis junk food, fast food, mie instan, makanan yang digoreng dengan lemak tinggi maka juga tidak akan menghasilkan apapun. Malah yang ada adalah lemak akan semakin menumpuk di dalam tubuh Anda.

  1. Tidak Memberi Jeda Istirahat Pada Tubuh Saat Aktivitas Olahraga

Olahraga yang intens dan berat ditambah tidak pernah mengistirahatkan tubuh Anda dapat menyebabkan hormon kortisol meningkat yang dapat menyebabkan stress pada tubuh dan otak. Pintarlah menyediakan waktu untuk beristirahat sebentar ketika olahraga, beri jeda sekitar 15 menit untuk melanjutkan kegiatan olahraga selanjutnya.

Itulah penjelasan tentang beberapa kesalahan dalam berolahraga yang sering tidak disadari oleh kebanyakan orang selama ini. Dengan mengetahui kesalahan dalam olahraga yang perlu diperbaiki, maka program diet dan olahraga yang Anda jalani tidak menjadi sesuatu yang sia sia.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *